Monday, October 17, 2016

Dokter Anak Di Samarinda




Oktober ini Amni menginjak usia 9 bulan, dan sudah lebih dari 10 kali ke dokter anak. Entah karena demam, entah karena  bakat alergi yang cukup berat, atau hanya sekedar konsultasi tumbuh kembang.
Tak banyak informasi yang dapat dikorek dari internet mengenai dokter anak di Samarinda. Setidaknya kalau mau membandingkan dengan dokter-dokter  di Jakarta.
Informasi dokter anak di Samarinda lebih banyak menyebar dari mulut ke mulut. Dan sebagai new comer di sini, jelas  saya mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi. Biasanya tetap saya telusuri lewat dunia maya, setidaknya mencari tahu wajah si dokter dan lulusan dari universitas mana.
And that’s why I want to share.  Informasi ini sebatas pengetahuan dan pengalaman saya ya. Semoga bermanfaat

daftar dokter anak di Samarinda, informasi dokter anak di Samarinda
Amni 7 bulan


Dokter Indra Tambun Sp.A. 
Ini dokter yang menangani anak saya ketika lahir di RS Samarinda Medika Citra(SMC).  Seminggu kemudian saya datang lagi untuk kontrol.
Dokter Indra terlihat cukup gaek. Praktek seminggu beberapa kali di RS SMC. Lupa hari apa saja, jadwalnya siang.  Kalau pagi, dokter Indra praktek  di RSUD AW.Sjahranie. Untuk pendaftaran di SMC, bisa via telepon untuk pasien non BPJS.
 No telpon RS Samarinda Medika Citra : 0541-7273000  
Gak ada yang berkesan dari dokter ini. Pemeriksaan cukup cepat, konsulnya cepat. And That’s all.

Q: Mau balik lagi ke dr.Indra Tambun Sp.A?
 A: Enggak

Dokter  Hendra Sp. A.
Praktek malam di Apotek Kimia Farma Jln. Antasari. Siang di Klinik Pribadi dokt er Hendra di Jln. Abul Hasan (Pas di seberang Apotek Kimia Farma Abul Hasan). Sedangkan kalau pagi juga praktek di  RSUD AW. Sjahranie.

Dua kali saya konsul di dr.Hendra di Kimia Farma  Antasari. Pendaftaran langsung ke Apotek, siang atau sore dan tinggal tulis nama di daftar antrian.  Saya sempat searching di google nomor telepon KF Antasari, ada tapi saya hubungi gak pernah diangkat. 

Ada dua dokter anak bernama Hendra di Samarinda. Satu lagi  dokter Hendra Widjaya. Kalau yang saya datangi ini namanya ‘Hendra” saja.. Dokternya chinese, ramah, teliti, dan cukup banyak memberi informasi. Pasiennya juga lumayan banyak.  Biaya sekali konsul : 100 rb.

Q: Mau balik lagi ke dr. Hendra Sp.A?
 A: Iya
 
Dokter  Willian S. Tjeng Sp.A

Praktek siang dan malam di Klinik Segiri Medika, yang terletak tepat di seberang Pasar Segiri. Kalau pagi juga praktek di RSUD AW.Sjahranie.
Saya sempat beberapa kali membawa Amni ke Klinik Segiri Medika. Pendaftaran sesuai urut kedatangan tapi bisa cek dokternya praktek atau gak lewat telepon.

Dokter William ini juga Chinese, ramah, teliti, banyak memberi informasi. So far so good.  Obat yang diberikan seringnya racikan berupa serbuk.  Namun karena dosisnya sangat kecil, malah sebagian serbuknya lengket-lengket di pembungkusnya.

No telepon Klinik Segiri Medika : 0541-202177

Q: Mau balik lagi ke dr.William S.Tjeng Sp.A?
 A:  Iya

Dokter  TK Sp.A

Dokter ini tiap malamnya praktek di Klinik Sentra Medika di Jalan Cendrawasih.  Paginya juga praktek di RSUD AW.Sjahranie.

Dari namanya, sudah ketahuan kalau dokter ini juga Chinese. Sekali saya berobat ke dr.TK, dan menurut saya gak memuaskan. Waktu itu Amni berusia satu minggu. Diare, muncul kemerahan pada kulit, dan mengalami menstruasi pada bayi.  Atas rekomendasi orang-orang, saya mendatangi dr. Tjan.  Tipikal dokter yang malas berkomunikasi. Tiba-tiba saja Amni langsung disuntik  tanpa persetujuan dari saya, bahkan tanpa memberi penjelasan kenapa dan obat apa yang disuntikkan tersebut. Ketika saya tanya obat apa yang disuntikan, si dokter Cuma menjawab “ya obat buat semuanya”.   

Memang yang namanya orangtua paling gak tega melihat anaknya sakit.  Dan memberikan obat oral (obat yang diminum) kepada anak bukan hal mudah. Barangkali banyak orangtua yang tak mempermasalahkan cara pemberian obat.  MIndsetnya “yang penting anak saya sembuh”. Tapi saya bukan tipikal yang begitu. Saya harus tahu kenapa dan kenapa.

Memang gak nyampe beberapa jam, merah-merah ditubuh Amni hilang.  But still, saya gak puas. Karena ada beberapa obat , terutama obat golongan steroid, yang memberi efek seolah-olah sembuh. Tapi yang namanya alergi, tentu yang penting adalah mencari tahu penyebabnya, bukan sekedar memberikan suntikan penghilang reaksi alergi.  


Pernah juga sekali waktu, karena hampir semua dokter anak yang biasa saya kunjungi sedang keluar kota, saya ke Klinik Sentra Medika.  Dokter Tjan gak datang praktek, tapi pasien bisa berkonsultasi via telepon, dan nanti akan diresepkan obat lewat apotek di klinik tersebut. Kalau mau melihat dari sisi positifnya, mungkin hal ini memudahkan.  Tapi terus terang saya memang masih kolot kalau soal kesehatan.  Seorang dokter harus  berhadapan langsung dengan pasien dan melakukan pemeriksaan fisik. This doctor is not kind of my doctor.

Untuk biaya pengobatan, receh yang dirogoh harus lebih dalam. Konsultasi dan suntik 250 ribu rupiah, belum termasuk obat-obat yang diresepkan.

Q: Mau balik lagi ke dr. TK Sp.A?
 A: Enggak

Dokter  Annisa Muhyi Sp.A

Dokter ini praktek di Klinik Islamik Center pada malam hari dan RS Thaha Bakrie.
Saya gak dapet rekomendasi dari siapa-siapa. Kebetulan Klinik Islamik Center dekat dengan rumah. Saya korek-korek informasi dari internet, dokter Annisa ini baru lulus spesialis tahun 2015 lalu dan mengisi kolom Tanya jawab di sebuah media massa lokal.

Tipikal dokter muda, ramah, dan keliatan pro ASI. Pasiennya belum banyak, jadi gak antri lama. Cuma menurut saya, masih perlu diasah cara si dokter menyampaikan informasi. Isi informasinya agak kurang lengkap, dan cara ia menyampaikan kurang meyakinkan. Kemampuan interpersonal terhadap pasien masih jauh di bawah dokter dokter yang senior.  

Biaya konsultasi  di Islamic Center sekitar 150 rb. Lupa persisnya berapa. Dan bisa daftar langsung ke klinik dari siang atau sore.

Q: Mau balik lagi ke dr. Annisa Muhyi Sp.A?
A: Barangkali iya. Kalau anak saya terkena sakit jamak seperti demam atau flu. Bukan untuk konsul    tumbuh kembang anak.

Dr. Nanan Surya Perdana Sp.A                                          

Dokter Nanan praktek malam di RS PKBI Samarinda, dan praktek pagi Senin-Sabtu di Klinik M.Yamin (tepat di seberang gerbang masuk Universitas Mulawarman).

Barangkali dokter Nanan ini adalah dokter anak paling terkenal seantero Samarinda. Doi merupakan ketua Ikatan Dokter Anak Samarinda. Bisa daftar via SMS ke nomor pendaftaran. Dan karena pendaftaran yang gampang bisa via SMS ini, antrian pasiennya jadi banyak banget.  Daftar hari ini bisa dapat nomor antrian lusa atau bahkan 3 hari kemudian. Kalau anaknya sakit demam atau yang emergency, sulit kalau harus ke dokter Nanan.

Tapi kalau mau konsul tumbuh kembang anak, I recommend this doctor. Dokternya sabar, menjelaskan gak buru-buru dan selalu mencari perumpamaan yang mudah dipahami orang awam.  Dokter Nanan ini juga sangan Pro ASI  dan Pro Menyusui. Soal pengasuhan anak, saya sempat kontra dengan suami dalam beberapa hal. Lewat dokter Nanan inilah saya dan suami mendapat penjelasan lebih detail dan dukungan untuk tidak menggunakan dot dan terus menyusui Amni.

Pertama kali konsul ke dokter Nanan, kami memerlukan waktu hampir satu jam dan kami sangat puas. Biaya konsulnya : 100 rb
  
Nomor pendaftaran dokter Nanan Surya Perdana :085249202050

Q: Mau balik lagi ke dr. Nanan Surya Perdana Sp.A?
 A: Iya

Sekian daftar dokter anak yang pernah menangani Amni di Samarinda. Semoga makin besar, makin jarang berkunjung ke dokter anak. Kalaupun datang, ya cuma konsul tumbuh kembang aja. 

Untuk imunisasi, selama ini Amni selalu ke Puskesmas. Lah, kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar? :D.

Samarinda, Oktober 2016

11 comments:

Obat Vimax said...

obat pembesar penis
pembesar penis
jual obat pembesar penis
jual pembesar penis
klg
obat klg
jual klg
jual obat klg
klg asli
harga klg
harga obat klg
obat vimax
vimax
jual vimax
jual klg
hammer of thor
hammer of thor's
hammer of thor asli
hammer of thor di medan
hammer
vimax jakarta
vimax izon jakarta
obat vimax jakarta
jual vimax jakarta
vimax asli jakarta
boneka full body di medan
obat pembesar penis di medan
anabolic rx24
jual anabolic rx24
obat anabolic rx24
anabolic rx24 asli
hammer of thor di jakarta
forex
forex asli
obat forex
forex hammer of thor
hammer of thor
vimax bandung


Unknown said...

Hai mba..saya new comer nih di samarinda. Bulan dpn anak saya jadwal vaksin pcv dan campak,ada rekomendasi hrs kmn?yg pasti cari vaksin asli..hehe

Unknown said...

Hai mba..saya new comer nih di samarinda. Bulan dpn anak saya jadwal vaksin pcv dan campak,ada rekomendasi hrs kmn?yg pasti cari vaksin asli..hehe

RikA Melati said...

Halo. klo saya selama ini selalu vaksin anak di puskesmas. insyaAllah asli dan gratis pula. hehehehe.
klo dokter anak sy rekomen ke dokter nanan. tp harus janjian dulu krn klo lgsg dtg hampir selalu penuh

aguaraguazu said...

Saya tambahin ya...
Ada dokter Erik di depan pasar segiri, sebenarnya dokter spesialis THT tp juga bisa menangani anak2 yang batpil atau bersihkan telinga bayi, sabar banget orangnya..

Unknown said...

Saya jg punya pengalaman yg gak baik sm dokter tjan. Waktu itu anak saya berat badannya rendah dm hampir mendekati garis kuning. Atas saran temen kantor saya jd saya bawa anak saya ke dr. Tjan. Kesan pertama dokternya bukan tipe yg enak diajak konsul dan bukan org yg ramah. Dan stlh saya browsing obat yg dikasi kaget banget saya karna itu bukan obat buat anak dibawah 1thn.

aura liana said...

Kalo sy recommend dokter hendra yg chinese...lewat beliau anak sy terselamatkan dr kritis 2 kali..semoga beliau Selalu sehat..

nanda ebit said...

Klo konsul ataw mmbahas tumbuh kembang anak enak sma dokter nanan..anak saya kurus gk mau gemuk susah makan picky eater..pokokny luar biasa deh..diperiksa sm dokter nanan trnyt semua sehat..jadilah saya n suami dapat wejangan yg bermanfaat dr dokter nanan..bahwa setiap anak istimewa lahir dengan karakter dan bawaan masing..

R Melati said...

Iya betul. Anakku juga BB nya kurang, susah nambah, dan makannya juga susah. Konsulnya ke dokter nanan. Sampai cek lab feses, darah, dan urin. Alhamdulillah gk papa.

SYAIFUL AMIN said...

INFO YANG BAGUS> THANKS

Azminda Lubis said...

Hai mba,salam kenal yaa... Wah senangnya saya bisa ketemu blogger Samarinda, hihihi. Saya juga dari Samarinda mba, kebetulan juga lagi hamil dan lagi siap-siap cari dokter anak. Terima kasih info & sharingnya ya mbaa.. Mudah-mudahan kita bisa ketemu langsung ya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...