Thursday, February 5, 2015

Memilih Penginapan yang Sesuai

Tak terasa Serial Where Will You Stay? Sudah sampai pada seri ke 20. Saya pribadi tak ada tujuan spesifik menuliskan serial ini. Sekedar berbagi informasi dan tentu saja dokumentasi ini memudahkan saya mengingat kebali tempat-tempat yang pernah saya kunjungi.

Tak bisa saya elakkan, karena sering menginap di hotel, mau tidak mau menjadikan saya pemerhati hotel kelas amatir.

 Hotel  dalam definisi luas ternyata dikotak-kotakkan lagi menjadi berbagai macam tipe.  Kawan dapat melihat dari embel-embel belakang nama penginapan tersebut: hotel resort and spa, budget hotel, hostel, guest house dan sebagainya.

Maka sampailah saya pada penelusuruan embel-embel nama belakang tersebut.  Saya memang sulit mengendalikan curiosity diri sendiri.

Rupanya tiap tipe penginapan menunjukkan spesifikasi yang berbeda. Mengetahui perbedaannya sangat membantu menentukan tipikal hotel mana yang ingin Kawan singgahi.

Guest House: Berdasarkan pengalaman, tipikal penginapan guest house cenderung mematok harga yang relatif lebih murah. Cocok kalau kawan berencana berlibur sekeluarga dengan jumlah anggota banyak. Memilih guest house sangat membantu menghemat budget.
Sesuai namanya, penginapan ini dirancang sedemikian homy. Kadangkala  pemilik guest house juga tinggal dalam gedung yang sama. Menjadi semacam berkunjung ke rumah orang dan menumpang menginap di kamar. Fasilitas seperti televisi, dapur, dan ruang tamu merupakan fasilitas umum yang dapat digunakan bersama.

Bed & Breakfast adalah hotel dengan fasilitas hanyalah tidur dan sarapan saja. Jadi tidak ada  fasilitas tambahan laiknya hotel seperti ruang pertemuan, ballroom, spa, dan sebagainya. Tentu semakin minimal fasilitas, harganya pun semakin minimal.

Budget Hotel. Beberapa tahun belakangan memang  hotel ini mengambil alih cukup banyak pasar pelancong. Apalagi seiring bertambahnya populasi middle –class dan mobilitas antarkota dan antarnegara  yang semakin mudah.  Bahkan jaringan hotel berbintang tak ketinggalan menelurkan konsep hotel budget.  Harga terjangkau, management hotel bagus, bukan pula hotel kelas Melati, kasur empuk, kamar pun bersih, sarapan cukup. Sangat fit untuk bussineess traveler yang memang hanya menumpang tidur, atau pelancong hemat, turis-turis berkeluarga, atau urusan kedinasan staf-staf pemerintahan. Semua memang hanya membutuhkan kamar bersih nyaman untuk tidur dan sarapan cukup. Dengan pangsa pasar cukup beragam, tak heran budget hotel bertebaran hampir di setiap sudut kota-kota besar.

Boutique hotel. Kalau kawan bosan dengan budget hotel yang punya interior minimalis atau bisa dikatakan sangat plain disertai luas kamar yang terbatas, namun Kawan tetap menginginkan harga yang terjangkau, Kawan bisa mencoba tipe boutique hotel. Tipe boutique hotel memiliki kelebihan interior yang lebih bagus dengan konsep tertentu.  Konsep interior unik di Boutique hotel malah kadang lebih  bagus ketimbang hotel bintang 4, tentu dengan rate harga kamar yang lebih murah. Terlebih kalau kawan bepergian dalam rangka urusan pribadi dan ingin menghemat pengeluaran.

Hostel.  Ciri khas tipe penginapan ini yakni tersedia kamar asrama. Artinya kawan akan tidur bersama pelancong lain dalam satu kamar. Hampir semua fasilitas di hostel digunakan bersama-sama. Hanya kasur tidur yang digunakan sendiri. Tentu, karena fasilitas yang di-share ini pula, menjadikan hostel pilihan penginapan paling murah. Pengunjung hostel didominasi para pelancong irit dengan alasan pribadi (backpacker).
Bagi kebanyakan backpacker, hostel ibarat rumah kedua.  Hostel menyediakan fasilitas umum semacam ruang bersantai, loker, televisi, buku-buku, dapur dan peralatan untuk memasak, kulkas, hingga jemuran baju. Semua kebersamaan itu menjadikan kebanyakan suasan hostel homy dan bersahabat.
Kalau Kawan bepergian sendiri dan dalam jangka waktu lama, hostel bisa jadi pilihan utama.

 Resort dan Spa. Kenapa di sebut resort?  Sebab penginapan jenis ini punya bangunan luas, lokasi mumpuni, serta memiliki fasilitas yang memanjakan pengunjung yang berlibur. Standard minimal resort dan spa yakni memiliki kolam renang luas dan spa. Lokasi juga menjadi syarat dan ketentuan berdirinya bangunan resort dan spa. Saat terbangun, pengunjung tentu ingin berlama-lama menikmati suasana dingin pengunungan, atau birunya laut dari sebuah resort dan spa.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi tipe hotel. Namun berhubung menulis tulisan ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil sedikit mengulik informasi di dunia maya. Pun beberapa tipe hotel di atas juga jamak Kawan temui. 
Semoga membantu Kawan memilih tipe penginapan yang diinginkan.


Selamat Menjelajah!

bingung memilih penginapan yang sesuai

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...