Wednesday, November 28, 2012

Apakah Insomnia Bikin Kurus?



Tubuh saya memang kurus, sejak kecil, remaja, sampai sekarang. Belakangan, teman-teman bilang saya semakin kurus. Pola makan saya baik-baik saja, stress pun tidak. Saya jadi mikir, apa mungkin karena akhir-akhir ini saya sering insomnia.
            Untuk membuat tulisan-tulisan di blog ini, saya rela bangun tengah malam kira-kira jam 12-an dan tidur subuh. Sebab saya baru bisa menulis dalam kondisi sangat sepi. Tak ada yang membayar saya untuk hal ini. Hanya sebuah keinginan, dan semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat.
            Kembali ke persoalan insomnia tadi. Gangguan metabolisme merupakan salah satu dari beragam efek buruk insomnia. Gangguan metabolisme tubuh inilah yang berakibat pada ketidakstabilan berat badan. Kalau yang berpotensi kurus, seperti saya, akan semakin kurus. Bagi Kawan yang berat tubuhnya gampang naik, insomnia dapat pula membuat size berat badan tambah besar.

apakah insomnia bikin kurus
Badan kurus karena insomnia?

            Mengapa ada gangguan metabolisme?. Organ-organ penyusun tubuh jelas memiliki kapasitas tertentu. Ketika kapasitas maksimal telah tercapai, ada saatnya organ-organ tersebut harus istirahat dalam kurun waktu tertentu.  Dan tidur akan memfasilitasi hal ini. Apa jadinya kalau kuantitas tidur sangat minim?. Ya...seperti Kawan kalau masih ngantuk tapi dipaksa bangun. Lemes dan tidak bergairah. Pada organ tubuh, ibarat mesin yang bekerja tersendat-sendat, produktivitas dalam memetabolisme pun tidak optimal.
            Padahal energi yang kita miliki disediakan dari proses metabolisme baik secara anabolisme maupun katabolisme. Bisa Kawan bayangkan, jikalau gangguan metabolisme yang terjadi menyebabkan kekurangan energi. Tubuh lalu memecah cadangan lemak untuk memperoleh kekurangan energi. Jumlah lemak akan berkurang terus dan tubuh semakin kurus. Di samping itu, adanya gangguan metabolisme enzimatik menyebabkan pemecahan makanan tidak maksimal. Sehingga penyerapan nutrien ikut tidak maksimal. Dan lagi-lagi bikin tambah kurus.
Baiklah Kawan..., kalau begitu saya harus memperbaiki siklus istirahat. Semoga tidak semakin kurus :)
           

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...