Friday, October 12, 2012

Luka Lebih Cepat Sembuh dengan Lidah Buaya



Tak hanya hati, kulit pun bisa terluka. Entah tergores, lecet, tergencet, atau apalah. Kulit yang luka sungguh mengganggu, baik fisik maupun kosmetis. Saya sering mendapat pertanyaan dari teman-teman mengenai obat bahan alam yang dapat mengembalikan kulit menjadi normal.
            Saya jawab dengan pasti Aloe vera atau lidah buaya. Alasannya, tanaman ini mudah diperoleh, efektif, murah, dan penggunaannya pun gampang. Sejak dahulu kala, --sebaiknya kita jangan pernah meremehkan peradaban masa lalu-- resep lidah buaya menjadi andalan perawatan kulit. 
            Lidah buaya mempercepat proses pemulihan kulit dengan mengurangi inflamasi atau peradangan sehingga luka cepat mongering. Tak sampai di situ, lidah buaya juga mempercepat perbaikan jaringan kulit (regenerasi). Pada luka akibat terbakar rata-rata penyembuhan sekitar 40 hari, sedangkan pada luka yang lebih ringan sekitar 20 hari.
Kawan mau coba?? Ambil saja bagian daun lidah buaya. Belah hingga terlihat bagian gel yang bening. Bagian gel inilah yang dioleskan pada kulit yang terluka. Selama beberapa saat Kawan akan merasakan sensasi dingin gel tersebut pada kulit yang luka. Akan tetapi tips ini tidak saya sarankan untuk Kawan yang menderita luka cukup parah dan perlu penanganan khusus.
Efek lain yang menonjol dari lidah buaya adalah kemampuannya mengurangi eksim. Mannan, nama senyawa yang diyakini memiliki kemampuan tersebut, saya bahas pada tulisan berikutnya. [RIKA]

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...