Monday, September 3, 2012

Sulitkah Menurunkan Berat Badan ?


Pertanyaan yang juga kerap diajukan kawan dan kerabat adalah bagaimana menguruskan badan, dengan cara cepat dan alami. Karena saya tidak pernah gemuk, saya tak tahu bagaimana sulitnya menguruskan badan. Kalau saya sendiri, cukup sakit 2 hari, bisa turun 3-4 kg.
Pertanyaan tambah pelik karena kawan saya bilang ia ingin kurus secara instant, alami, aman, dan tanpa olahraga atau exercise apapun. Di jaman kapitalisme ini, tak langka menemukan berbagai produk pelangsing berbahan baku alami. Saya sarankan teh hijau dan daun jati belanda. Pada teh hijau ada senyawa bernama tannin, yang memberikan rasa pahit. Saat dikonsumsi tannin dapat melapisi lambung, sehingga penyerapan makanan akan terhambat. Di sisi lain, daun jati belanda memiliki efek diuretik (melancarkan buang air kecil). Dengan cara ini, maka daun jati belanda akan mempercepat metabolisme dan memperbanyak eksresi. Tetapi hati-hati Kawan, terlalu banyak diuretik dapat membahayakan ginjal.
Kawan saya bilang lagi kalau produk-produk pelangsing tersebut tak banyak membantu. Saran saya sih asupan gizinya yang diatur. Berkaca pada pengalaman sendiri, saya kurus dan tidak semua anggota silsilah keluarga kurus, artinya saya tetap bisa gemuk. Tak perlu diet habis-habisan. Porsi makan saya banyak, tapi saya tidak suka ngemil. Bagi saya ngemil itu capek, tidak mengenyangkan, dan buang-buang tenaga.  Saya cukup makan pagi, siang dan malam. Kebanyaka teman saya dengan kelebihan berat badan, porsi makannya justru lebih sedikit, akan tetapi mereka mengunyah terus sepanjang hari. Jadi opsi  pertama untuk kurus adalah tidak ngemil!.
Tips kedua adalah teratur berolahraga. Saya tergolong orang yang rajin berolahraga, dan ini yang membuat saya sebal, sebab olahraga kerap membuat program penggemukan badan saya gagal total. Dan joging adalah olahraga yang biasa saya lakukan selain aerobik. Lupakan soal seberapa banyak kalori yang terbakar dan percepatan metabolisme yang terjadi. Alasan saya berolahraga simpel, saya ingin santai, refreshing, murah, dan tidur nyenyak di malam hari.
Yang terakhir, Kawan bisa kembali ke topik awal tadi, meminum suplemen pelangsing. Baca aturan pakai, jangan sampai overdosis, perhatikan efek samping dan interaksinya pada penyakit tertentu.
Jadi…sulitkah menguruskan badan, Kawan? [RIKA]

3 comments:

Suryati Rei Astuti said...

sulit broooo hahaha

Suryati Rei Astuti said...

sulit broooo hahaha

Eric Strins said...

Isurr... masih terobsesi rupanya kau utk menguruskan badan...Azzz

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...