Monday, December 13, 2010

www.hidupsehatalarika.com

Kesibukan membuat saya lupa menulis
2 bulan terakhir, saya makin sedikit posting dan blog walking ;(. Selain karena kesibukan, saya juga sedang merilis sebuah webblog pribadi, dengan domain berbayar,  khusus untuk artikel-artikel kesehatan.
Alhamdulillah meski tersendat-sendat dan sering macet, akhirnya webblog ini siap launching
and This is it.........
dan untuk blog ini (anonim) akan menjadi blog pribadi saya. 
Enjoy ^^

Wednesday, December 8, 2010

Refrain

Biasanya saya males banget baca novel genre chikclit atau teenlit yang mengusung cerita gitu-gitu aja. Tapi di novel ini saya dalam 2 malam khatam sampe 2 kali!.  Winna menyuguhkan cerita persahabatan remaja dengan penuturan yang manis, renyah, dan sangat enak dibaca. Sukaaaa banget...^^. Recommended deh buat teman-teman yang lagi nyari bacaan ringan tapi tidak kacangan...

Judul : Refrain
Penulis : Winna Efendi
ISBN : 979-780-362-7
Jumlah halaman : vi + 318 halaman
Ukuran : 13 x 19 cm




Sunday, October 31, 2010

Apakah Saya Seorang Traveller Sejati???

Subuh ini akhirnya saya kembali menghirup udara Jogja, udara yang paling banyak meresap 6 tahun belakangan ke dalam paru-paru saya, hingganya selalu ada memori yang muncul untuk dikenang.
Saya bolak balik ke Jakarta, Bogor, Bandung, dan Jogja. Dalam kondisi pengangguran begini, saya pontang panting cari pekerjaan. Pergi ke sana kemari. Dan ketika di perjalanan saya yang sendiri dari kota ke kota, saya berpikir seandainya saya diterima di salah satu pekerjaan tersebut maka petualangan saya akan berakhir.

Tuesday, October 5, 2010

LDR (Long Distance Relationship)

Could you always take myhand?

Perpisahan memang bukan hal mudah. Ah…sekarang untuk ketiga kalinya saya harus menjalani peristiwa ini. Berpisah dalam makna denotatif.
            Perpisahan bisa jadi merupakan salah satu peristiwa yang membuat kita merasa kehilangan. Dan kehilangan bukanlah perkara mudah. Dalam keseharian saya, ada sesuatu yang hilang, kosong, dan rasanya tidak lengkap. Kejanggalan ini bisa membuat  saya tiba-tiba melamun di tengah aktivitas dan seperti serangan jantung, dada ini terasa perih sangat.

Wednesday, September 29, 2010

Semangat

Apapun yang terjadi, semangat itu tidak boleh hilang, Rika. KARENA DISITULAH SUMBER KEKUATAN...

Wednesday, September 1, 2010

Kota Senja

Mudik tlah tiba… Saya pun tak ketinggalan. Beberes barang milik saya yang teronggok berdebu di lemari, kardus, rak, laci. Saya menemukan banyak barang yang tidak penting, tetapi menjadi penting karena kenangan yang ada. Salah satunya, sebuah buku kumpulan tulisan saya yang sempat saya print.
This one is an article about myhome town, I wrote late of 2007.
Happy holiday everyone….^.^

Kota Senja

Seberapa besar berartinya kampung halaman bagi orang Indonesia???. Fenomena mudik lebaran tiap tahun bisa menjadi indikator bahwa orang Indonesia adalah manusia yang tak pernah melupakan kampung halaman. Mungkin dapat dianalogikan seperti orang cina yang tak pernah melupakan leluhurnya. Namun tak ada yang bisa memastikan apakah fenomena mudik lebaran memang benar membawa misi kerinduan kepada kampung halaman, atau hanya sekedar ajang pamer tentang keberhasilan hidup yang diraih. Toh...ketika lebaran berakhir, maka berbondong-bongong, bahkan jauh lebih banyak orang yang meninggalkan kampung halaman. Tepatnya tempat-tempat yang berciri desa ataupun kota kecil akan semakin sepi.

Friday, August 27, 2010

Bumbu dalam Perahu Kertas

Novel perahu kertas karya Dewi Lestari alias Dee merupakan salah satu novel yang amat membekas di ingatan saya. Selesai membaca novel tersebut, selama beberapa hari saya terhenyak dan kadang-kadang merenung.
            Dari segi tema dan jalan cerita, sebenarnya Perahu Kertas tak memiliki keistimewaan tertentu. Tapi cara Dee mengemasnya yang membuat novel ini meskipun sederhana akan tetapi punya kekuatan yang luar biasa.
            Jika saya yang menulis novel ini, mungkin saya cuma akan mendeskripsikan Kugy yang senang menulis. Tak terpikir oleh saya untuk menambah bumbu kalau Kugy juga senang  menulis surat kepada Neptunus lalu mengirimkannya dalam bentuk Perahu Kertas. Begitupun Keenan. Pengarang awam mungkin hanya akan mendeskripsikan Keenan yang senang melukis, dan lukisannya yang ternyata di apresiasi oleh orang banyak. Tapi Dee menambahkan bahwa Keenan membuat lukisan berseri, berdasarkan cerita yang ditulis Kugy. Secara tidak langsung, Dee mengungkapkan bahwa ada ‘sesuatu’ antara mereka berdua yang diikat oleh kisah Jendral Pilik, baik dalam bentuk cerita dan lukisan.

Thursday, August 26, 2010

Komunikasi

Banyaknya situs jejaring sosial di internet dalam kacamata saya sangat berpihak pada orang yang kreatif berkata-kata dan rajin menulis. Nyatanya menulis pikiran memiliki alur yang berbeda dengan bicara langsung. Orang bisa jadi bagus dalam tulisan, belum tentu seheboh itu dalam berbicara.

Wednesday, August 25, 2010

Pelem Pelem Keren (Part 1)

Terinspirasi dari sebuah blog yang pernah saya baca, dimana si pemilik blog mereview 100 film terbaik yang pernah ia tonton selama hidup.
Ini daftar film terbaik (menurut kategori saya) meskipun gak nyampe 100, tapi lumayanlah…buat mereview kenangan-kenangan yang dulu ;p dan sekedar rekomendasi buat temen-temen yang pengen nonton.
Daftar film ini saya urutkan tidak berdasarkan peringkat. Acak saja, yang duluan saya ingat, ya saya tulis. Enjoy ^.^

Saturday, August 21, 2010

Monday, August 9, 2010

How expensive is your dinner? (my version: How cheap is your dinner?)

I'm A Cinderella
Apa kegiatan yang paling sering dilakukan orang pacaran?
Jawab saya: Makan bareng
Apa kegiatan makan yang paling sering dilakukan orang pacaran?
Jawab saya: Dinner bareng.
Siapakah orang yang berpacaran tersebut?
Jawab saya : kami (a.k.a. saya dan dia) ;D

Saturday, August 7, 2010

Inhibition Contraction Of Isolation Smooth Muscles Guinea Pig Trachea Induced by Histamine From Combination ethanolic extract Legundi Leaves (Vitex trifolia L.) and Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)

Rika Melati 

Abstract 

                

                Legundi leaves (Vitex trifolia L.) have been used to treat asthma as traditional practices, and temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) have known as antiinflamation agent. Combination both of them suspected have better effect to treat bronkial asthma caused by alergen. Purposed of this experiment is knowing inhibition contraction of isolation guinea pig trachea induced by histamine from combination ethanolic extract legundi leaves and temulawak.  

Penghambatan Kontraksi Otot Polos Trakea Marmut Terisolasi yang Diinduksi Histamin Oleh Campuran Ekstrak Etanolik Daun Legundi (Vitex trifolia L.) dan Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)

Oleh: Rika Melati1

                        Daun legundi telah diyakini sejak lama dapat menyembuhkan asma, sedangkan rimpang temulawak diketahui memiliki efek antiinflamasi. Pencampuran antara daun legundi dan rimpang temulawak diharapkan dapat menghasilkan efek dalam pengobatan penyakit asma karena alergi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penghambatan kontraksi otot polos trakea marmut terisolasi yang diinduksi histamin oleh campuran ekstrak etanolik daun legundi (Vitex trifolia L.) dan rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.).

Thursday, August 5, 2010

“Saya Membunuh Kenangan, Sebelum Kenangan Itu Membunuh Saya.”

Akhir-akhir ini saya sering dicurhati seorang teman tentang betapa ia belum bisa melupakan mantannya. Saya hanya bisa bilang “bersabarlah”. Impossible jika kita harus membunuh kenangan satu per satu. Apalagi lewat hitungan jam atau hari.  Setiap orang pasti punya kenangan yang tersimpan terus dalam otaknya. Untuk membunuh suatu kenangan, kita butuh menumbuhkan yang lain. Dan untuk tumbuh, kenangan butuh waktu.
 

Sunday, August 1, 2010

How important is your degree(s)???

“Jika orang tidak rajin belajar, cuma nonton film, baca buku, belum tentu jelek, mungkin lebih baik daripada yang diprogram. Self study lebih baik dari studi umum, tapi studi umum untuk pengakuan”
Quote ini saya ambil dari buku biografi Wimar Witoelar berjudul “Hell, yeah!” yang beberapa hari lalu saya baca. Alasan utama saya membaca buku ini karena penulisnya, fira Basuki, salah satu penulis favorit saya. Bukan karea saya pengagum Wimar.
            Setelah selesai membaca, yah namanya juga orang hebat, Wimar memiliki liku hidup yang cukup unik. U know what..ternyata Wimar tidak berhasil menyelesaikan studinya di di Teknik Elektro ITB. Tapi Wimar pernah bekerja sebagai dosen Teknik Industri ITB. How??... Di tahun ke 7 kuliahnya, Wimar tahu bahwa ia tidak akan menyelesaikan kuliahnya karena sibuk dengan aktivitas kemahasiswaan yang lain. Ia lalu mencari beasiswa, dan akhirnya bisa kuliah di Amerika. Selama 5 tahun ia bahkan memperoleh gelar MS dan MBA. Pulang ke Indonesia, Wimar memilih jadi dosen di ITB. Alasannya??...Wimar bilang untuk membuktikan bahwa dulu dia tidak menyelesaikan kuliahnya di ITB bukan karena bego.  

Saturday, July 31, 2010

Manusia Jahat atau Manusia yang Berbuat Jahat???

Di pagi yang membuat saya sehari lebih tua ini, saya ingin berjalan ke arah yang lebih baik. Salah satunya mengubah perpektif dan persepsi saya menjadi lebih positif. Saya termasuk orang yang tidak terlalu suka bergaul dan bukan yang gampang dekat dengan orang lain. Pagi ini saya berusaha meyakinkan tidak ada alasan bagi saya untuk berlaku demikian. Saya mencoba menafsirkan dan membuat makna bahwa tidak ada orang jahat di dunia ini. Yang ada hanya lah orang yang berbuat jahat.

Monday, July 26, 2010

Sendratari Balet Ramayana VS Sendratari Mahakarya Borobudur

Dua malam minggu di bulan Juni lalu saya lewati dengan menonton dua pertunjukan sendratari di dua candi megah yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur.
Sudah lama...sekali saya pengen nonton Sendratari Balet Ramayana (SBR). Berhubung kuliah saya juga sudah selesai, jadi saya bela-belain  harus nonton pertunjukkan ini sebelum get out from Jogja ;(. Pertunjukkan  SBR tidak setiap hari ada. Ada beberapa rumor yang mengatakan SBR ada tiap bulan purnama (panggung pertunjukan merupakan panggung terbuka). Tapi kalau mau gampangnya, datang aja pas malam minggu. Biarpun tidak sedang bulan purnama, biasanya selalu ada. Tiket SBR berkisar 75.000-200.000 dan bisa langsung dibeli sebelum pertunjukkan. Dalam jumlah tertentu,misalnya rombongan wisata biasanya dapat diskon.
SBR memadukan antara tarian, musik, dan drama. Alur cerita SBR diadaptasi dari epos Ramayana tentang penculikan Shinta yang dilakukan oleh Rahwana, lalu  ada Hanoman yang membantu Sri Rama, dan bla....bla...bla.....(cerita ini sangat terkenal, tak perlu saya ceritakan lagi). Saya sendiri yang selama ini hanya membaca epos Ramayana dari buku, sangat menikmati pertunjukkan yang dilakoni langsung oleh para penari ini.  Gerakan-gerakan yang dihasilkan dari para penari sesuai dengan karakter masing-masing. Misalnya tarian Shinta yang lemah gemulai dan tarian Rahwana yang sangar dan brutal.
sendratari balet ramayana di Candi Prambanan
Pagelaran Sendratari Balet Ramayana

Wednesday, July 21, 2010

PUBLIKASI

Sekedar berbagi informasi dari hasil penelitian saya. Semoga bermanfaat dan tidak hanya menjadi persyaratan tesis 8 SKS semata.

Influence The Perception of Health Product Advertorial in Newspaper Toward Consumer Attitude

Rika Melati1

Advertorial is advertising looks like news as its editorial format. The purpose of advertising is to influence consumer buying behavior. Consumer attitude is one of predictor to determine consumer behavior. The purpose of this research is to analysis influence perception of health product advertorial toward consumer attitude.

Sunday, July 18, 2010

Kartun Remi Versi Novel



Judul: Nobody’s Boy (Sebatang Kara)

Penerbit: Gramedia
Pengarang: Hector Malot
Harga   :           Rp 42.000
Ukuran :           13.5 x 20 cm
Tebal    :           384 halaman
Terbit   :           Mei 2010


     Begitu melihat cover novel ini, saya merasa agak familiar. Otomatis tangan saya mengambil buku ini dari raknya. Baca sinopsinya sekilas, oh…saya lalu ingat kartun Remi. Ya novel ditulis pada akhir abad ke 18 dan merupakan cerita asli dimana kartun Remi diangkat. Remi sendiri merupakan salah satu serial kartun yang mempermanis masa kecil saya ;). Selain ada Doraemon, Sailormoon, Candy-candy, Saint Seiya, lady Oscar, dsb.

Saturday, July 17, 2010

Lirih dan Hampa

sepi
lirih
senyap
hampa
hambar
terasa  mengiris ngiris pilu

hampa ini apakah akan lepas,  ketika saya sudah ikhlas
hampa ini apakah akan berakhir, ketika cinta sudah saya peroleh
hampa ini apakah akan terlewati, ketika pikiran saya sudah jernih
hampai ini apakah tidak akan terasa, ketika saya hanya menerima
hampa ini apakah sirna, ketika ambisi ini meredam
hampa ini apakah akan lenyap, ketika saya mengenal Tuhan
hampa ini apakah akan terenyah, ketika bijaksana telah saya maknai
hampai ini, terasa mengobrak abrik beranda hati saya
menyadarkan saya, betapa keegoisan tidak ada gunanya

Sunday, July 11, 2010

Puthut EA: Laki-laki atau Perempuan?

Saya mulai jatuh hati pada tulisan Puthut EA ketika beberapa tahun lalu maen ke sebuah toko buku. Berhubung kantong lagi tebal, saya berniat membeli sebuah buku. Saat itu belum kepikiran mau beli buku apa. Setelah keliling dari rak buku ke rak buku lainnya, saya jatuhkan pilihan pada sebuah kumpulan cerpen berjudul Kupu-kupu Bersaya Gelap karya Puthut EA.  Selain karena gambar sampul buku yang menarik, buku ini juga berbonus VCD film bisu pendek (yang setelah saya tonton berkali-kali tetap saya gak ngerti inti ceritanya apa ??%^&**8??/).
            Tetapi untuk isi bukunya sendiri lumayan oke. Saya sering kagum dengan penulis yang mampu mendeskripsikan perasaan tokoh-tokoh dalam ceritanya dengan sangat detail. Alasan lain karena saya suka baca buku non terjemahan (asli Indonesia) dan mengangkat konflik realitas kehidupan sehari-hari. Dan tulisan Puthut memenuhi kriteria-kriteria tersebut.
Kupu-Kupu Bersayap Gelap menjadi cerpen favorit saya dalam buku ini. berkali-kali saya baca cerpen ini, tetap hati saya merasa terenyuh. Mampu membangkitkan emosi pembaca adalah indikasi kalau cerita atau tulisan (menurut ukuran saya) bagus.

Sunday, July 4, 2010

Jika Aku Tahu

14juni2010.senin.

Jika saja aku tahu 6 tahun yang lalu,aku gak akan kuliah di farmasi
aku akan kuliah di ilmu komunikasi, psikologi, atau antropologi

Jika saja aku tahu 5 tahun yang lalu,
aku pasti akan datang ke gelanggang dengan pedenya untuk masuk unit fotografi
membiarkan saja ocehan2 orang yang menciutkan hati tentang betapa mahalnya jika ingin bergulat dengan fotografi.

Jika aku tahu 13 tahun yang lalu,
jika 13 tahun yang lalu saya telah menjadi apoteker, saya pasti tahu tentang kesalahan diagnosis ayah, tidak akan membuatnya menderita dan menurunkan fungis jantungnya.

                                                                  Time Machine

Saturday, July 3, 2010

Kangen-kangenan di Pasar Kangen Jogja

Definisi pasar bisa jadi berbeda-beda tergantung konteks dan disiplin ilmu. Saya ingat, sewaktu kuliah Mikroekonomi, pak prof A mendefinisikan kalau pasar adalah mekanisme interaksi antara permintaan dan penawaran (mechanism of demand and supply interaction). Selang beberapa hari kemudian saya kuliah Manajemen Strategis, seperti biasa, awal kuliah dimulai dengan tanya jawab. Pak Prof B menanyakan ”Apa yang dimaksud dengan pasar?”. Dari 40 orang dikelas, 39 menjawab definisi yang diajarkan prof A dan hanya 1 orang yang menjawab tepat. Ternyata definisi pasar menurut disiplin ilmu marketing (catatan: prof B merupakan guru besar bidang pemasaran) adalah: sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan/keinginan dan mampu untuk memenuhi kebutuhan/keinginan tersebut.
     Pasar dalam makna konvensional merupakan tempat bertemunya pembeli dan  penjual. Pasar ikan misalnya berarti tempat bertemunya penjual ikan dan pembeli yang ingin membeli ikan. Begitupun pasar burung, pasar hewan, pasar awul-awul, dsb. Pasar Kangen Jogja (PKJ 2010)....hmmm...bisa jadi merupakan makna tersirat betapa Jogja itu ’ngangenin’. Berbagai hal, yang (mungkin) bisa membuat kangen Jogja, tersedia di PKJ 2010. Mulai dari tukang ramal, stand perhiasan, stand kampung wisata, barang-barang daur ulang, seprei, baju batik, sandal, pameran forografi dari komunitas flixter jogja , pameran motor-motor jadul, dan tak ketinggalan, berbagai kuliner seperti dawet, tiwul, kripik daun sirih, jadah, klepon, ronde, srabi, es sari jambu biji,  pecel, rujak cingur, tempura ubi, dsb. Hmmm....yummi.............

Thursday, July 1, 2010

Susur Goa: Alternatif lain Berwisata Alam

Minggu, 25 April 2010 lalu saya melewatkannya dengan acara susur goa Cerme. Ada 10 orang dalam rombongan plus 2 orang pemandu. Tidak semua orang dalam rombongan ini sudah saya kenal sebelumnya. Dan saya menyukai tipikal cara jalan-jalan seperti ini. Saya diajak seorang teman, saya pun lalu mengajak teman sedangkan teman saya yang mengajak juga diajak oleh temannya. Alhasil ada 10 orang dalam rombongan yakni: Astu, Milet, Elita, Sita, Mahfud, Aryo, Fachri, Harmi, Risma, dan tentu saja saya J.
Untuk masuk ke Goa Cerme sebaiknya didampingi oleh pemandu. Bayaran untuk seroang pemandu sekitar 10 ribu atau tergantung banyak orang dalam rombongan, setiap orang ditarik pungutan seribu. Berhubung si Mahfud dulu KKN di Imogiri daerah sekitaran Goa Cerme, ia kenal beberapa warga disana yang bersedia memandu gratis, hore………………..!!!. Untuk tarif masuk ditarik pungutan 2000 rupiah per orang. Sayangnya untuk kali ini tidak ada kata gratis (ngarep yah??? :p)

Wednesday, June 30, 2010

Salah Kaprah Obat Paten versus Obat Branded

Penggolongan obat menurut patennya dibagi dalam dua kelompok yaitu obat off patent sdan produk paten. Untuk obat off paten dibagi lagi dalam dua kelompok yaitu obat generik yang diberi nama sesuai nama kimia obat dan obat generik bermerek alias obat branded. Namun sayangnya masih banyak yang salah kaprah mendefinisikan obat branded sebagai obat paten. Tak hanya pada masyarakat awam, banyak pula tenaga kesehatan yang ikut salah kaprah mengira obat branded sebagai obat paten. Saya pernah mendapat pertanyaan dari seorang perawat yang cukup lama bekerja di rumah sakit. Ia menanyakan mengapa pasien yang diberi obat paten lebih cepat sembuh dibanding dengan obat generik. Saya sempat bingung sesaat, sebelum akhirnya menyimpulkan mungkin yang dimaksud si perawat dengan obat paten adalah obat branded. Pertanyaan serupa sering dilontarkan teman, kenalan, atau keluarga yang notabene bukan tenaga kesehatan kepada.

Opening

Saya suka banget membaca, apalagi baca novel. Waktu kecil saya lebih memilih baca novel karena lebih lama selesainya disbanding say abaca komik yang setengah jam aja udah selesai. Eh sampai sekarnag keterusan tergila-gila sama novel.  
Seminggu, dua minggu, satu bulan saya bisa gak pacaran (emang apa hubungannya ya???) tapi semingu aja saya gak baca entah itu novel, kumpulan cerpen, esai, komik, majalah, koran, atau apalah yang bisa saya baca, rasanya ada yang hilang. Sakit otak saya., hampa pikiran saya.
Saya mencoba mengingat buku-buku yang pernah saya baca, cukup membekas, dan bisa direkomendasikan buat temen-temen yang pengen baca tapi mungkin masih bingung dengan apa yang akan dibaca. Klo temen-temen mau share atau rekomendasi buku juga boleh.
Let’s enjoy, pren.............^.^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...