Jumat, 18 Desember 2015

Novel Karya Jonas Jonasson

The Girl Who Saved the King of Sweden ini adalah buku Jonass Jonasson yang pertama kali saya baca.
Terpukau. Itu kesan pertama yang saya dapatkan.

Tak sia-sia, saya memesan jauh kepada seorang kawan yang berdomisili di Yogyakarta untuk membelikan dan mengirimkannya ke Kalimantan.

Satu yang melekat dari tulisan Jonas Jonasson: SATIR.

Novel ini jelas bukan novel bergenre komedi, namun siapapun yang membacanya saya yakin pasti tersenyum dan tertawa berkali-kali ketika membaca buku ini.

Novel ini mengemas cerita tentang seorang gadis miskin yang berasal dari Afrika yang memiliki stok keberuntungan tak terbatas.  Tak ada drama. Novel ini bercerita cepat, dan berhasil membuat saya tak beranjak untuk berhenti membaca.

buku, novel jonas jonasson
The Girl Who Saved The King of Sweden - Penulis: Jonas Jonasson

Akibat pesona karyanya, saya sampai penasaran tentang siapa sebenarnya Jonas Jonasson. Yup, doi  memang mantan jurnalis berkebangsaan Swedia yang beralih profesi menjadi penulis. Dan ternyata  mantan istrinya adalah orang Indonesia. Tak heran, pada novel lain yang terbit lebih dulu, yakni The 100 Years Old Man Who Climbed The Window and Disappeared, Indonesia (Bali) termasuk salah satu setting cerita pada novel tersebut.

Saya berhasil mendapatkan buku  The 100 Years Old Man Who Climbed Out The Window and Disappeared, bersama beberapa buku lainnya dari sebuah Toko Buku Online di Bogor.

Mengapa buku-buku yang saya peroleh harus jauh-jauh di pesan sampai ke Pulau Jawa?. Sebenarnya di sini ada 2 Cabang Gramedia. Namun koleksinya memang tidak selalu lengkap, harganya pun lebih mahal ketimbang gramedia di Pulau Jawa.Sedangkan kalau beli buku online, biasanya ada diskon hingga 20% dari harga normal buku di toko buku.

Makanya di sini, saya ke Gramedia biasanya sekedar cuci mata sembari melihat-lihat koleksi buku-buku terbaru. Nanti baru me-list buku yang benar-benar saya inginkan dan memesan secara online.

Kembali ke novel Jonass-Jonasson, ternyata di buku The Old Man Who Climbed The Window and Disappeared, saya mendapati banyak sekali kesamaan. Tak hanya gaya bercerita, namun juga bumbu-bumbu utama dalam novel ini.

buku, novel, jonas, jonasson
The 100 year old man who climbed out of the window and disappeared - penulis: Jonas Jonasson

Tokoh utama yang cerdas, berasal dari kaum miskin, namun selalu beruntung. Nuklir, bom, fasisme, Cina, Raja Swedia, Kepala Negara, Penerjemah, Komunis, dan masih banyak lagi.   Tak sampai separuh buku, saya sudah tertidur. Ceritanya masih brilian. Jonas Jonasson mengemas 100 tahun sejarah dunia, terutama politik dalam kacamata seorang laki-laki tua berusia 100 tahun bernama Alan Karsslon.

Namun kalau mau diumpakan, kedua novel Jonas Jonasson ini ibarat Rendang Daging Sapi dan Rendang Ayam. Bumbu dan cara mengolah, semua bisa dikatakan sama, hanya subjek nya saja yang berbeda.

Buat Kawan yang belum pernah membaca novel karya Jonas Jonasson, saya merekomendasikan sebagai novel terjemahan wajib baca.

But somehow, kalau ada novel novel ketiga Jonas Jonasson, yang ternyata memakai bumbu dan tampilan yang sama, mungkin saya akan berhenti (membeli) karya Jonas Jonasson.

Bagaimanapun memakan bebek rendang, sensasinya barangkali tak jauh berbeda dengan daging rendang dan ayam rendang.  Setidaknya tak perlu berekspektasi besar.



Samarinda, Desember 2015. 

2 komentar:

Dorothea Febe Winman mengatakan...

Buku the girl who saved the king of sweden beli di mana gan? Sy cari2 gak nemu2 :"

R Melati mengatakan...

Dulu beli di Toko Buku Togamas Yogyakarta. Abis dibaca, saya jual di toko buku bekas online, dan skrg malah udah laku.hehe