Rabu, 12 November 2014

Perpustakaan Freedom Institute

Saya tahu mengenai perpustakaan Freedom Institute ini sudah lama. Lewat twitter kalau tak salah. Agak penasaran namun kemudian lupa.  Belakangan saya punya waktu luang cukup banyak. Maka ada baiknya mengunjungi tempat-tempat yang dulu sempat ingin saya kunjungi.

Setelah saya skrining, lokasi Freedom Institute lah yang paling gampang saya jangkau.  Letaknya di Jalan Proklamasi No.41. Tepat di seberang Tugu Proklamasi terdapat Wisma Proklamasi.  Perpustakaan Freedom Institute ini berada di dalamnya.

Bersih, rapi, dengan desain modern. Jangan kawan bayangkan seperti perpustakaan tua di setting film Ada Apa Dengan Cinta ?. Penerangan yang memadai, AC dengan dingin yang pas, serta sofa dan kursi malas. Membuat saya beberapa kali terlena dan hampir ketiduran. Jangan khawatir, Untuk masuk dan menjadi anggota perpustakaan, semuanya gratis.
Freedom institute jakarta
Perpustakaan Freedom Institute


Pada hari-hari tertentu, kerap diadakan diskusi di perpustakaan ini. Umumnya mengenai demokrasi dan ekonomi, yang memang menjadi fokus lembaga Freedom Institute.

Freedom Institute Library


Agak sorean, akan sulit mencari kursi kosong. Banyak yang sekedar membaca, mengetik, atau memanfaatkan fasilitas wifi yang lumayan kencang.  Menandakan perpustakaan ini lumayan tersohor meski baru diresmikan tahun 2012 lalu. Perpustakaan ini buka dari hari Senin hingga Sabtu. Buat yang kerja di daerah Cikini atau Salemba, pulang kerja pun masih sempat mampir. Perpustakaan Freedom Institute tutup pada pukul 19.00

Dan masih di kompleks Wisma Proklamasi ini, terdapat juga taman dengan semilir angin sepoi-sepoi  serta sebuah coffeshop.  Semacam paket lengkap untuk sebuah tempat pelarian di Jakarta.

freedom, institute, jakarta
Perpustakaan Freedom Institute



Tidak ada komentar: