Rabu, 02 Juli 2014

Ramadhan Kareem


Ramadhan sudah berjalan 3 hari, target belum ditetapkan. Habis baca blog orang, saya  jadi terinspirasi untuk mencatat kegiatan dan fokus yang ingin dicapai ramadhan kali ini.

Mengingat belakangan energi dan waktu saya yang banyak terkuras di kerjaan dan urus-urus persiapan nikah. Berhubung  saat ini kami tercerai berai. Saya kerja di Jakarta, si abang kerja di Kalimantan, nanti insyaAllah nikahnya di Jambi, dan ditambah nikahnya rada mendadak begini. Kebayang kan hectic nya kayak apa?

Mengingat juga saya bukan tipikal orang  yang suka menjalani hidup dengan metode  ‘let it flow’. Saya tahu kelemahan saya, yakni gampang banget nget terdistraksi. Tiap harinya saya perlu menuliskan list things to do, dan tiap bulannya saya menetapkan target yang ingin dicapai. Ya kalau ingin hidup saya berjalan lancar.

Sehingga dan oleh karenanya saya bikin schedule dan target agar Ramadhan kali ini energi dan fokusnya nya gak diporsis semua untuk kegiatan duniawi.

Bikin daftar, sehingga ingat terus, dan lalu dilaksanakan. Mudah-mudahan masih ketemu Ramadhan tahun depan, dan insyaAllah nanti bikin daftar yang lebih baik.

1.       Pulang on time, kurangi kegiatan abis pulang kerja, kurangin tugas keluar kota,  magrib udah di kosan, isya  dan tarawih sebisa mungkin di mesjid
2.       Bangun lebih awal dan Tahajjud sebelum sahur
3.       Ngaji tiap hari dari selesai sahur sambil menunggu subuh
4.       Minimal I’tikaf sekali aja di mesjid. Pengennya istiqlal lagi kayak tahun dulu.
5.       Banyakin baca buku tentang agama dan dengerin pengajian live maupun streaming.
6.       Bangun tidur sebelum berangkat kerja, fokus nulis. Belakangan, produktivitas menulis saya makin menurun.

Well, gak muluk-muluk sih, tapi mudah-mudahan semuanya terlaksanana, dan ramadhan ini menjadi katalis pemercepat proses peningkatan iman dan perbaikan diri.
Have blessing Ramadhan, everyone!  J


Tanggal lima Ramadhan besok, umur saya 28 tahun, padahal baru bulan lalu ulang tahun ke 27 :p

Source foto

5 komentar:

helmi mengatakan...

Wow.., Trus post ini tentang apo? pamer sibuk ngurus nikah yo :|

Linda TY blog mengatakan...

Wah, masih yg dulu Rik? Selamat ya, insya Allah lancar

R. Melati mengatakan...

Helmi. Kau yang salah fokus tu :p

Mbak Linda. semoga lancar. Aamiin

Armae mengatakan...

Hoaaa,.. aku baru tau kalo kak Rika juga ulang tahun di bulan Ramadhan. Selamat yaaaaaa.. *telat sehari.
Ehh,. kok bisa selisihnya jadi dua tahun kak? aku aja selisihnya masih setahun. mmmmhh,. siapa nih yang salah hitu? -_-"

Anyway,. kak Rika mau nikah??? Hoaaaa,. selamaaaattt. Kebayang dehhh kakak dimana dia dimana ortu dimana trus nikahnya dimana. hahahaha *tosss :D

R. Melati mengatakan...

Mae. Gak tau juga ya, mungkin karena perhitungan kelender hijriyah kali yak? :D, yang jelas aku lahir 5 ramadhan 1407 gtu.

Hehe, kayaknya ada temennya nih gue. Toss. ditunggu kabar bahagianya :)