Minggu, 24 Maret 2013

Menjadi Dewasa itu……sulit



Bisa jadi hidup tak lagi berarti ketika menginjak usia dewasa. Tak ada lagi rasa ingin tau yang membuncah di dalam otak, Eksperimen menakjubkan membongkar rahasia segala sebab akibat.
Usia dewasa berarti rutinitas dan tanggung jawab. Masa kecil berarti kreativitas dan khayalan.  Manusia-manusia dewasa bisa jadi mempersepsikan dunia dalam konsep yang similar.  Tanyakan pada anak kecil, ada berapa jenis dunia dalam konsep kepala beberapa bocah yang dikumpulkan bersama?. Negara api, star trek, negeri dongeng, kota masa depan doraemon, dsb. Tidak ada konsep ketidakmungkinan dalam realitas anak-anak.
            Bisa jadi masa kecil adalah masa yang paling dikenang seseorang dalam hidupnya. Surveylah 100 orang, dengan latar pendidikan berbeda, pekerjaan berbeda, tahun kelahiran berbeda. Hampir semua orang mengingat masa kecinya. Saat kelas 3 SD aku begini, saat kelas 4 SD aku begini, saat kelas TK aku begini. Anak-anak mengingat waktu. Ketika dewasa dan terperangkapa dalam rutinitas, ada berapa banyak hal yang bisa kita ingat?. Manusia dewasa tak lagi mengingat waktu, melainkan hanya mengingat momen. Ketika semua hal terjadi berulang sama dalam dimensi waktu berbeda, ketika kebosanan melanda, tanggung jawab membengkak, dan berbagai kegiatan yang dilakukan karena tekanan sosial. Ah menjadi dewasa itu sulit, Kawan…

2 komentar:

Armetra mengatakan...

Wah, pendek tapi "berasa", hehehe... Contoh sederhana, awak jadi ingat taun lalu, ketika berkunjung ke sekolah SD berbagi "cerita", awak tanya "siapa yang jago main bola?" Semua anak laki2 tunjuk tangan..ha3.. Awak yakin klo yg ditanya "orang dewasa", pasti gak ada satupun yg tunjuk tangan..akakaka..

As we grow up, we imbibe very fixed ideas conventions about what we can & cannot do, but children have no such restrictions – life for them is just one long play session. But, that's something we can learn from the kids, isn't it? :-)

R. Melati mengatakan...

Betul. Keberanian anak kecil yang meluntur seiring kedewasaan, itu yg kadang bikin sebel.
Tapi...tumbuh dan belajar menjadi dewasa adalah sebuah keharusan. Harus dihadapi! :)