Senin, 04 Juni 2012

Singkirkan Batuk dengan Kembang Sepatu


Batuk?. Rasanya semua orang pernah mengalami serangan batuk. Entah batuk berdahak atau batuk kering. Pasti sangat tidak enak rasanya saat lender (mucus) memenuhi tenggorokan, layaknya ketika mengalami konstipasi (sulit buang air besar) namun tidak dapat dikeluarkan. Rasanya sangat mengganggu bukan?.
Dan tahukah Kawan, kalau ternyata bunga Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) bisa kita manfaatkan sebagai obat batuk berdahak. Dalam bunga Kembang Sepatu terdapat hibiscetin, suatu senyawa yang dapat meluruhkan lendir (mukolitik). Senyawa ini bekerja dengan mengubah sifat fisika dan kimiawi mukus terutama menurunkan viskositas (kekentalan).

bunga kembang sepatu sebagai obat batuk

Secara ilmiah, pengujian in vitro bunga kembang sepatu sebagai mukolitik biasa menggunakan mukus yang diambil dari usus sapi. Ekstrak kembang sepatu lalu ditambahkan pada mukus tersebut. Dan apabila kekentalan pada mukus menurun, maka disinyalir bunga kembang sepatu efektif dalam mengencerkan dahak.
Pemanfaatan bunga sepatu sebagai obat batuk dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu dengan cara dingin dan cara panas. Silahkan Kawan ambil dua kuntum bungan kembang sepatu yang dirajang, lalu rendam semalaman dengan air masak. Untuk cara panas, rendam bunga Kembang Sepatu ke dalam air panas lalu biarkan sampai air mendingin. Kawan dapat menambahkan sedikit madu agar rasa pahit rendaman bunga Kembang Sepatu tak terlalu menyiksa. [Rika]



Tidak ada komentar: