Kamis, 03 Mei 2012

Superhero Bernama Antioksidan



Beberapa tahun belakangan, heboh-heboh soal antioksidan dan kehebatannya dalam mencegah berbagai penyakit. Apalagi sekarang antioksidan dimanfaatkan sebagai senyawa andalan dalam produk kosmetik.
            Kenapa antioksidan bisa melawan berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Ah…ternyata antioksidan ini merupakan senyawa super baik hati. Bagaimana tidak, antioksidan mengorbankan diri bereaksi dengan radikal bebas. Dengan terjadinya reaksi tersebut, sel-sel tubuh terbebas dari serangan radikal bebas.
            Bisa Kawan bayangkan, seperti adegan di film-film romantis. Ibarat radikal bebas adalah mobil, yang akan menabrak seorang perempuan tidak lain adalah sel tubuh kita. Dan dari pinggir jalan, tiba-tiba datang seorang lelaki bernama antioksidan, yang secepat kilat mendorong perempuan tersebut, dan akhirnya antioksidan mati, menyelematkan sel tersebut.
            Secara detail, radikal bebas memiliki sebuah elektron tak berpasangan di kulit terluar. Layaknya manusia, elektron tak perpasangan ini sangat reaksi untuk mencari pasangannya. Antioksidan lalu memberikan atom hidrogen sehingga elektron pada radikal bebas menjadi berpasangan dan lebih stabil. Dan si superhero, antioksidan, telah menjalankan fungsinya untuk mencegah terjadinya proses autooksidasi.[RIKA] 


Tidak ada komentar: