Senin, 09 April 2012

Catatan Perjalanan : Hanoi 2 hari 2 malam (habis).

One Pillar Pagoda
         Inilah gak enaknya kalau bikin postingan belum selesai. Saya punya kewajiban untuk menyelesaikannya. Sudah berhari-hari saya kepikiran mau nulis, tapi berhubung sedang long week end, saya sedang banyak urusan, mulai dari urusan kerjaan, urusan pribadi, urusan masa depan, sampai urusan berhura-hura :p.
Makanya pagi senin ini saya bela-belain nulis sambungan cerita saya di Hanoi Part 1 dan Hanoi Part 2 (postingan berasa sinetron). Sekembalinya dari Halong Bay, saya diantar ke penginapan. Pukul 8 malam waktu setempat, yang tentu saja masih terlalu dini untuk tidur.
Maka saya berkeliling sembari berniat mengisi perut. Malam hari daerah Old Quarter disemarakkan oleh banyaknya warung kaki lima yang menyediakan berbagai penganan. Menurut pengamatan saya, ada aneka  mie, bubur ayam, roti-rotian, warung kopi biasa, steam boat, dan tentu saja seafood. Bingung mau makan apa, akhirnya saya  stop pada sebuah warung makan yang rame sekali. Bedanya, kalau di Indonesia biasa dengan cara lesehan, maka di sini masing-masing warung menyediakan kursi dan meja kecil, pas untuk ukuran badang orang asia, tapi kekecilan untuk bule.
Saya akhirnya stop di sebuah warung makan yang cukup ramai. Untungnya ada seorang pengunjung yang bisa berbahasa inggris. Dengan pertolongannya lah saya memesan jenis makanan dan menanyakan harga.
Siput sodara-sodara, ada berbagai ukuran. Harganya sangat murah, seporsi hanya 20.000 VND (Rp.10.000). Siput ini dicocol dengan semacam kuah yang direbus  bersama wijen, daun jeruk, dan berbagai macam rebusan daun. Kuah ini ampuh mengurangi amis yang dibawa siput. Belum kenyang, lantas saya  memesan ubi goreng yang disantap layaknya kentak goring. Lalu seporsi cumi kering, harganya agak mahal (100.000 VND) yang juga dicocol dengan berbagai bumbu pedas.
Makan malam yang beraneka ragam
Saya lagi khusuk bergulat denga siput. Perhatikan juga ukuran kursi dan meja yang sangat minim :D
           
         Selain penjual makanan, malam hari ternyata masih banyak ibu-ibu penjual buah. Dan mampirlah saya membeli buah-buahan yang belum pernah saya temui sebelumnya.
Malam hari banyak aja penjual buah

            Last day in Hanoi, pagi-pagi buta, saya beranjak dari penginapan. Ke Danau Hoan Kiem, untuk menikmati suasanan pagi. Dingin, kabut tipis, kuil yang berada di tengah danau, lalu tepian danau diramaikan dengan kaum lansia yang ber-taichi ria.  Benar-benar seperti di luar negeri :p.
Ber taichi ria
            Menikmati suasana malam sudah. Menikmati suasana pagi juga sudah. Saya lalu beranjak menuju One Pillar Pagoda yang berada satu kompleks dengan Ho Chi Minh Mausoleum. Yang paling menarik tentu saja saat mengikuti prosesi untuk melihat mumi Ho Chi Minh. Gratis kok, Cuma harus antri, gak boleh bawa kamera, melewati serangkaian pemeriksaan keamanan yang ketat, dan hanya dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 11 siang.
Ho Chi Minh Mausoleum
            Oh ya kalau ke Vietnam, selain kopi, kuliner yang wajib dicoba yakni Mie Vietnam. Mie nya lembut seperti kue tiaw, kuahnya segar. Campurannya bisa milih, mau dicampur daging babi, sapi, atau ayam, Apalagi didukung cuaca yang dingin. Hmm..enyak..enyak. Harga seporsinya 30.000 VND.
            Jadwal penerbangan saya hari itu pukul 1 siang menuju Singapura. Dasar orang Indonesia, kebiasaan telat dan suka mepet-mepet. Saya juga lupa kalau setelah antrian check in masih ada antrian imigrasi dan antrian security check.  Masih di antrian imigrasi, ternyata sudah boarding. Dengan pasang muka cengengesan sambil minta maaf, dibantu petugas dari maskapai,  akhirnya saya menyerobot antrian.
            Alhamdulillah saya sampai di Jakarta on schedule, dan alhamduillah cerita perjalanan ini akhirnya selesai juga.
            Jadi…mau kemana lagi kita ? ;)

(kayaknya) Ini Istana Kepresidenan

Mie Vietnam
Kopi Vietnam



1 komentar:

merry go round mengatakan...

Hai salam kenal. Seru juga ya wisata kuliner di vietnam, saya selalu penasaran dengan cita rasa kopi vietnam, maklum coffee addict hehee..

Oh ya, aku lg ngadain giveaway berhadiah buku traveling di blogku. Ikutan yaaa :D