Senin, 30 Januari 2012

1001 Alasan Buat Nge-Blog


Bagi kawan-kawan yang gak suka nulis, atau memiliki anggapan bahwa menulis adalah kegiatan melelahkan dan membuang-buang waktu, pasti merasa aneh dengan aktivitas blogging. Ada gitu sekumpulan orang yang rela repot-repot nulis, posting, dan maintenance blog mereka. Rela menguras uang  untuk koneksi internet dan tentu saja waktu. And Nobody pays for it.
Kalau kawan tanyakan pada saya, maka saya pasti mengangguk segera pada alasan-alasan merepotkan tersebut. Saya akui, saya selalu menyelipkan jadwal untuk menulis postingan disela-sela aktivitas saya. Tapi siapa yang bisa membayar sebuah kepuasan? Bukan apa-apa, ada saat-saat dalam hidup dimana kita perlu mereview apa yang telah terjadi. Blog yang paling rutin saya baca adalah blog kepunyaan saya. Ada perasaan senang atau ketika saya mengangguk sendiri begitu membaca ulang tulisan-tulisan saya di blog ini. 
Alasan kedua, sering ketika sedang blogwalking, saya membaca postingan berupa makan, beli baju, atau hanya sekedar cerita di akhir minggu. Sederhana saja. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Nah dalam sebuah postingan, kita perlu menulis dengan mengangkat tema tertentu, menuliskannya dari sudut pandang berbeda, dan mengemas hal biasa tersebut menjadi menarik untuk dibaca. Tak jarang, setelah blogwalking, saya sering terilhami untuk mencoba sesuatu, melakukan sesuatu, atau menjadi bersemangat kembali. Begitulah blog, menginspirasi, atau kadang cukup sebagai sarana merefresh otak. 
Sebenarnya saya mulai nge-blog (kalau gak salah) tahun 2005. Dulu saya pernah punya blog di wordpress, multiply, dan dua di blogspot. Tapi dulu masih acak adut, tulisan-tulisan curhat gak jelas, terlalu vulgar, design seenak perut, dan bahasa serampangan. Apalagi waktu itu saya berselancar di dunia maya hanya mengandalkan jasa dari warung internet.  Belakangan, saya akhirnya membeli modem agar aktifitas blogging bisa lancar. Saya fokus pada satu blog dan menon-aktifkan sisanya, menghapus postingan gak penting, lalu meniatkan diri untuk konsisten menulis. Tips saya, punya satu blog cukup, yang penting diurus dengan baik, terutama kontinuitas dalam membuat postingan.
Alasan terakhir dan yang paling lazim, karena saya senang menulis. Saya pernah membaca saran seorang penulis, bagi para pemula sebelum memulai project novel atau tulisan lain sekaliber buku, cobalah untuk punya blog dan niatkan menulis secara konsisten. Gak hanya sekedar hobi, kalau mau berkarya lewat tulisan, konsistensi itu yang paling penting. Blog ini lahir pada tahun 2007, dan berumur sudah hampir 5 tahun. Meskipun baru saya urus baik 2,5 tahun belakangan.  Dengan kata lain, blog ini merupakan salah satu trigger saya untuk menulis. 
Well, gak sampai seribu alasan yang saya kemukakan. Kalau kawan mau menambah alasan lain, silahkan. Saya rasa, alasan apapun nantinya hanya akan menggiring pada kata kenikmatan dan kepuasan. Dan ya..,menikmati kenikmatan itu memang gak bisa disamaratakan. 
Last but not least, happy blogging ^.^



1 komentar:

S.V. mengatakan...

Make only one blog, and your posts will be focused :)