Jumat, 27 Agustus 2010

Bumbu dalam Perahu Kertas

Novel perahu kertas karya Dewi Lestari alias Dee merupakan salah satu novel yang amat membekas di ingatan saya. Selesai membaca novel tersebut, selama beberapa hari saya terhenyak dan kadang-kadang merenung.
            Dari segi tema dan jalan cerita, sebenarnya Perahu Kertas tak memiliki keistimewaan tertentu. Tapi cara Dee mengemasnya yang membuat novel ini meskipun sederhana akan tetapi punya kekuatan yang luar biasa.
            Jika saya yang menulis novel ini, mungkin saya cuma akan mendeskripsikan Kugy yang senang menulis. Tak terpikir oleh saya untuk menambah bumbu kalau Kugy juga senang  menulis surat kepada Neptunus lalu mengirimkannya dalam bentuk Perahu Kertas. Begitupun Keenan. Pengarang awam mungkin hanya akan mendeskripsikan Keenan yang senang melukis, dan lukisannya yang ternyata di apresiasi oleh orang banyak. Tapi Dee menambahkan bahwa Keenan membuat lukisan berseri, berdasarkan cerita yang ditulis Kugy. Secara tidak langsung, Dee mengungkapkan bahwa ada ‘sesuatu’ antara mereka berdua yang diikat oleh kisah Jendral Pilik, baik dalam bentuk cerita dan lukisan.
            Bumbu-bumbu ini memberi kesan mendalam dan menguatkan  penokohan karakter keduanya. Sampai-sampai saya bisa membayangkan dalam khayalan saya, seperti apa Kugy dan Keenan tersebut.
            Ahh…Dee memang tidak pernah main-main dalam karyanya. Dibanding dengan novelnya yang pertama saya kenal, yaitu Supernova : Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh. Dalam novel itu, banyak kata-kata indah, akan tetapi alur ceritanya kadang masih meloncat-loncat. Di Perahu Kertas, Dee jauh lebih matang. Sekali memulai membaca Perahu Kertas, saya tidak melepaskannya sampai halaman terakhir. Novel sederhana yang amat mengesankan…

6 komentar:

ReBorn mengatakan...

d lestari memang hebat dalam menulis novel. disetiap novelnya pasti ada makna tersembunyi didalamnya.
gw juga lagi belajar menulis, tapi sepandai-pandainya gw, bener-bener susah untuk menyelipkan pesan tersembunyi didalamnya.
ayo kita belajar lagi.

TRIMATRA mengatakan...

aku juga suka novelnya dan jadi follower blog-nya Dee

dv mengatakan...

maaf yaa..baru bisa mampir..
dan awardnya saia simpen dulu ya, nanti dipajang..tankyuu loh
btw ijin follow yah biar gag ketinggalan :D

*maaf komennya gag nyambung :D

Eric Strins mengatakan...

@Reborn...betul.. nge blog kan jg salah satu cara belajar nulis

@devi... oke thanks. sy follow balik dah :)

Lulus Sutopo mengatakan...

Nampaknya Novel yang bagus
Salam hangat selalu

Eric Strins mengatakan...

salam kenal lulus :)